May 19, 2022

Jaringan Pengusaha

Jaringan Pengusaha Indonesia

Pengenalan Efaktur Pajak Online Dari Klikpajak!

Aplikasi Efaktur pajak merupakan sebuah cara untuk pembayaran faktur lebih mudah secara online. Seperti diketahui faktur pajak dengan kertas mengalami beberapa permasalahan dan juga penyalahgunaan. Dan hal ini tentu saja akan sangat merepotkan bagi administrasi pada KPP dan juga DJP online.

Mengapa E-Faktur Pajak Online Dibutuhkan

Ada cukup banyak permasalahan saat penggunaan faktur pajak. Permasalahan tersebut biasanya adalah tujuan kegiatan negatif.

  • Adanya faktur pajak fiktif, faktur pajak fiktif merupakan faktur pajak yang diterbitkan pengusaha namun belum dikukuhkan sebagai PKP, namun wajib pajak sudah punya NPWP dan pengusaha merasa bisa mengeluarkan faktur pajak. Kekeliruan ini biasanya disebabkan karena pengusaha yang tidak mengetahui secara detail dari peraturan pajak. Adapun faktur pajak fiktif bisa muncul karena diterbitkan pengusaha yang punya NPWP tapi Nomor Pengukuhan PKP-nya adalah pribadi lain atau badan lain.
  • Faktur pajak ganda, penyalahgunaan lainnya yaitu juga terjadi ketika terdapat faktur pajak yang ganda karena human error. Biasanya ini terjadi pada pengusaha, di mana administrasi yang buruk menjadi salah satu penyebabnya. Penomoran faktur pajak yang tidak terkontrol akan membuat faktur pajak bisa jadi ganda.
  • Faktur pajak tidak terbit, bisa jadi juga faktur pajak memang disengaja tidak diterbitkan pada masa yang sesuai dengan waktu penyerahan. Ternyata hal ini bisa mengakibatkan faktur pajak tidak bisa dikreditkan. Penerbitan faktur pajak yang tidak resmi tentu saja akan bertentangan dengan undang-undang perpajakan yang ada di Indonesia.

Apa Itu EFaktur Pajak

Efaktur pajak merupakan aplikasi faktur pajak yang dikeluarkan atau disediakan oleh DJP. Anda sebagai wajib pajak bisa mengakses faktur pajak ini melalui website resmi DJP ataupun aplikasi perpajakan yang sudah bermitra resmi dengan DJP.

Aplikasi e-faktur ini hampir sama dengan faktur pajak manual yang menggunakan kertas. Efaktur akan dibuat pada saat penyerahan BKP, penyerahan JKP, penerimaan pembayaran sebelum penyerahan BKP/JKP, pembayaran termin pada tahap pengerjaan, dan juga saat-saat lain yang diatur pada PMK atau Peraturan Menteri Keuangan. Perbedaan yang mencolok antara faktur pajak manual dengan kertas dan e-faktur adalah pada kemudahan dan juga kenyamanan Anda sebagai PKP. Jadi sebagai PKP Anda bisa melakukan pelaporan pajak lebih mudah terutama untuk pembuatan faktur.

Kelebihan Efaktur Pajak Dari Klikpajak

Ada berbagai kelebihan penggunaan aplikasi pajak Klikpajak by Mekari. Seperti berikut ini.

1. Format sudah ditentukan

Meskipun melakukan pembuatan faktur pajak online dengan aplikasi yang bermitra dengan DJP, tapi tentu saja format faktur pajaknya sudah ditentukan oleh DJP online. Sehingga sebenarnya sama saja, antara pembuatan faktur pajak lewat website DJP resmi dan juga aplikasi mitra DJP. Hanya tergantung kenyamanan Anda saja ingin menggunakan cara yang mana.

Anda bisa menggunakan aplikasi e-faktur ini untuk versi 3.0. Dimana versi ini membantu Anda menggunakan aplikasi tanpa harus install dan download meskipun menggunakan versi terbaru. Posting SPT PPN bisa langsung dilakukan lewat aplikasi faktur dari Klikpajak.

2. Fitur Prepopulated Pajak

Fitur ini memudahkan anda untuk melakukan Masukan juga prepopulated  Pemberitahuan Import Barang atau PIB. Jadi anda tidak perlu lagi melakukan pengisian data faktur pajak secara manual. Ini tentu memudahkan anda untuk buat faktur dan juga lapor SPT masa PPN lebih mudah tanpa perlu lagi mengupload CSV dan juga pindah platform. Cukup hanya mengandalkan satu aplikasi saja sudah bisa bikin faktur pajak dan juga lapor SPT.

3. Monitor NSFP Yang Tidak Terpakai

Untuk pengelolaan Kode Nomor Seri Faktur Pajak atau NSFP maka anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja lewat aplikasi e-faktur dari Klikpajak. Aplikasi ini tentu saja sangat efisien untuk melakukan pengontrolan atau monitor kode NSFP yang sudah atau belum digunakan. Setelah mengetahuinya, tentu saja Anda akan lebih mudah untuk melaporkan jika ada kode NSFP yang tidak terpakai pada DJP pada akhir periode.

Kini tentu saja Anda sudah mengetahui apa saja keunggulan dari menggunakan Efaktur pajak online dari Klikpajak by Mekari. Untuk penggunaan aplikasi e-faktur pajak ini anda bisa memakainya secara gratis atau berlangganan. Jika memilih berlangganan, maka anda akan mendapatkan fitur-fitur tambahan yang lebih banyak dan semakin memudahkan untuk segala kegiatan perpajakan.