May 19, 2022

Jaringan Pengusaha

Jaringan Pengusaha Indonesia

Big Data Jadi Solusi Satu Data Indonesia

Satu data Indonesia adalah sebuah kebijakan untuk tata kelola data pemerintah agar bisa mendapatkan data yang lebih berkualitas. Selain itu, satu data juga memudahkan untuk data bisa diakses oleh pihak-pihak berkaitan dan bagi pakai antara instansi serta pusat dan daerah.

Seperti diketahui big data sendiri adalah kumpulan proses yang terdiri dari volume data yang jumlahnya besar struktur maupun tidak terstruktur. Data ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan bisnis salah satunya dalam dunia logistik. Big data juga bisa disebut sebagai pengembangan dari sistem database, pada umumnya namun memiliki informasi data yang lebih banyak dengan proses kecepatan, volume data dan juga jenis data lebih variatif daripada DBMS.

Big data terdiri dari tiga komponen yaitu volume, velocity dan juga variety. Di mana ketiganya punya andil besar. Volume sebagai ukuran data dengan kapasitas besar, semtentara velocity adalah kecepatan transfer data yang punya pengaruh untuk Pengiriman data lebih efektif dan fleksibel. Lalu selanjutnya ada variety, dimana terdapat banyak variasi data dari big data ketimbang Anda menggunakan sistem database SQL.

Solusi satu data Indonesia bahkan tertuang pada undang-undang yang diatur oleh peraturan presiden No.39 tahun 2019. Perlu diketahui untuk solusi satu data kini Anda bisa memanfaatkan dari Big Data. Di mana kehadirannya ini mampu membantu untuk berbagai sektor salah satunya untuk sektor logistik. Tahukah Anda apa saja keunggulan Big Data dalam dunia logistik?

1. Penyerahan Barang Berwujud

Yang pertama tentu saja solusi data dari big data ini membantu untuk perwujudan interaksi antara konsumen secara langsung pada proses pengiriman dan juga pick up barang. Di mana jumlah poin interaksi antara nasabah setiap harinya jadi memiliki umpan balik ke produk, intelijen pasar hingga demografi. Big data menjadi sarana multi fungsi yang bisa membantu menghasilkan pemahaman dan sentimen publik terhadap kualitas produk itu sendiri.

2. Sinkronisasi Antara Pelanggan Bisnis

Dengan adanya big data maka mampu lebih mudah melakukan integrasi sistem ke dalam produk dan proses distribusi pada sektor industri. Ketatnya operasi ini, membuat para penyedia logistik akan ikut serta dalam dunia pasar vertikal, wilayah dan juga perseorangan.

3. Optimasi Operasional

Big data Indonesia dengan big data maka bisa membantu untuk optimasi kegiatan operasional. Yaitu terdiri dari pemanfaatan sumber daya, cakupan geografis hingga waktu pengiriman. Kegiatan logistik berskala besar akan membutuhkan pengelolaan bidang logistik yang lebih efisien. Semua bisa terwujud lewat adanya big data.

4. Cakupan Global

Pergerakan transportasi untuk bidang logistik akan membantu untuk mendapatkan banyak informasi lokal maupun global di sepanjang jalur transportasi. Big data membantu untuk pengolahan data lewat armada pengiriman yang besar, dengan tampilan informasi yang lebih banyak. Bisa melalui lalu lintas, demografi dan juga statistik lingkungan.

Itu tadi keuntungan menggunakan Big data di bidang logistik. Bisa dibilang memang big data membantu untuk solusi satu data Indonesia lewat berbagai fitur yang dimiliki. Untuk dunia logistik, Anda bisa memanfaatkan fitur big data dalam sistem analitik lanjutan dari Bigbox pada bisnis retail.

Dimana anda lebih mudah menemukan sentimen dan perilaku konsumen dan menyesuaikan keberagaman lokal. Anda bisa melakukan strategi seperti mengubah harga dan promosi dan juga pemenuhan rantai pasokan. Anda bisa memanfaatkan yang namanya supply chain, dimana fitur ini membantu untuk pengecer lebih cerdas dalam mengandalkan data yang terhubung antara permintaan eksternal dan juga internal. Ini secara otomatis akan meningkatkan akurasi antara permintaan dan presisi model analitik.